Makanan - Makanan Khas Yang Mematikan


Banyak di antara kita tidak terlalu memperhatikan apa yang kita makan, yang penting sehat dan tidak mengganggu pencernaan. Tapi dari sekian banyak orang, tentunya banyak di antara kita yang mengejar sensasi dari makan makanan khas yang terkadang sulit dicari atau hanya tersedia di tempat tertentu pada waktu tertentu.
Yang lebih menarik, ternyata makanan yang seperti ini ternyata tidak hanya menarik karena langka, tapi juga karena ternyata sangat berbahaya dan sering kali mengancam nyawa para konsumen. Kita lihat mana aja yang bahaya ya?


1. Singkong!
Singkong


Singkong (c) Hotel.com
Di antara sekian banyak tanaman, ternyata singkong ini tumbuh subur di
Afrika dan Amerika Selatan, karena kondisi tanah yang kurang subur, dan seringnya kekeringan, maka tanaman ini akan menjadi tanaman yang memberikan karbohidrat bagi suku-suku di daerah ini.
Singkong ini, ternyata bukan singkong biasa, tapi adalah singkong karet yang sangat beracun! Singkong karet ini mengandung cyanogenik glycosideyang akan diubah menjadi asam sianida oleh enzym yang disebutlinamarase. Hal ini terjadi ketika dinding sel tanaman ini rusak, terutama pada saat dimakan. Oleh karena itulah singkong karet ini jika di makan secara tidak hati-hati akan membawa banyak masalah. Menangani singkong ini harus hati-hati dan akan mematikan jika di konsumsi mentah!


2. Ackee!
Buah Ackee


Buah Ackee – (c) Hotel.com
Buah ackee ini adalah buah khas dan menjadi salah satu ciri khas Jamaika, walaupun ternyata tanaman ini tidak berasal dari kepulauan ini. Pada 1780, tanaman ini diimpor dari Afrika Barat. Buah ini kaya akan asam lemak, vitamin A, seng dan protein nabati. Ackee ini adalah bahan penting bagi banyak masakan khas Karibia
Tapi bukan berarti anda bebas makan buah ini! Buah yang belum matang mengandung racun yang akan menyebabkan muntah, kejang dan bahkan kekurangan zat gula yang sering berakibat fatal. Bahkan setelah matang, hanya bagian yang berwarna kuning dan lembut saja yang bisa dimakan. Kulit luar yang berwarna kemerahan dan biji buah ini akan menyebabkan kematian jika tidak sengaja terkonsumsi


3. Apel!
Buah Apel


Buah Apel – (c) Hotel.com
APEL? Ternyata buah ini berbahaya, tapi untungnya hanya bagian biji saja. Buah yang merah merona dan segar manis ini ternyata menyimpan banyak bahaya dalam biji kecil yang ada di tengah tadi!
Para Ilmuwan berhasil menemukan bahwa biji apel tadi mengandungcyanogenic glycoside, atau sianida. Jika Anda tidak sengaja mengkonsumsi bijinya, bersiaplah untuk segera ke dokter. Memang belum pasti berapa banyak biji yang harus Anda telan untuk dapat mematikan, tapi setidaknya, begitu makan apel dan Anda merasakan sakit perut, atau muntah-muntah, keringat berlebihan, segera ke dokter dan minta pertolongan atas keracunan sianida, sianida sudah terkenal mematikan!


4. Ular!
Ular


Sup Ular – (c) Hotel.com
Sup ular panas memang sangat mengundang selera, dan seperti kalajengking, tarantula atau laba-laba lain, racun dari beberapa hewan berbahaya ini dengan mudah menjadi netral jika daging dari hewan ini dimasak matang. Jadi selama tidak Anda makan mentah, Anda selamat! Tapi di negara kita, minum darah ular mentah, yang dicampur dengan empedu mungkin adalah bukti kejantanan tertentu bukan?
Banyak orang percaya bahwa darah ular akan membawa kekuatan, jadi jika anda termasuk penggemar darah ular, atau makan bagian dari ular yang dikonsumsi mentah, hati-hati ya!


5. Ikan Buntal!
Ikan Buntal


Ikan Buntal – (c) Hotel.com
Penampilannya memang lucu, tapi bukan berarti ikan ini boleh diremehkan begitu saja. Ikan ini mengandung tetrodotoksin, racun kuat yang akan melumpuhkan otot dan akhirnya korban akan mati karena kehabisan nafas. Racun ini banyak terkandung di hati dan indung telur ikan ini. Sehingga hanya chef dengan izin khusus yang berhak menyajikan ikan ini.
Di Jepang, ikan ini disebut fugu, dan keracunan fugu hanya bisa ditangani oleh dokter dengan berusaha mempertahankan sistem pernapasan dan peredaran darah sampai efek racun ini menghilang dengan sendirinya, dan terus berdua supaya nyawa Anda selamat!