Kamera Mikroskop

01.53

Kamera Mikroskop merupakan inovasi baru pengamatan preparat. Sistem ini memungkinkan kemudahan dan kenyamanan pengamatan data mikroskop, terutama untuk pengamatan yang melibatkan banyak pengamat dalam waktu bersamaan. Inovasi baru dalam sistem ini terutama dalam hal penampilan, dan penyimpanan data dalam bentuk data elektronik. Sehingga visualisasi pengamatan preparat mikroskop dapat ditampilkan melalui layar televisi, LCD/ DLP proyektor, atau komputer dan dapat disimpan sebagai gambar atau movie
Mikroskop monokuler sederhana terhubung dengan notebook
Mikroskop monokuler sederhana terhubung ke laptop melalui USB
Keuntungan
  1. Pengamatan dapat dilakukan bersama-sama.
  2. Efisien dalam pengadaan dan pemanfaatan mikroskop
  3. Data pengamatan dapat disimpan dalam bentuk gambar/movie
  4. Penampilan kembali hasil pengamatan mudah dilakukan tanpa harus pengamatan ulang.
  5. Mata tidak cepat lelah
Aplikasi Jenis-jenis Mikroskop
Mikroskop dengan Display LCD
Mikkroskop dengan display LCD saat ini menjadi pilihan yang menarik. Dengan model ini setiap mikroskop di laboratorium bisa dilengkapi display LCD dengan mudah dan relatif murah, tinggal menambahkan 1 buah kamera dan LCD mini yang biasa dipakai pada TV mobil. Para instruktur, pengajar, atau dosen dapat dengan mudah membimbing siswa, sambil berdiskusi dengan melihat display secara langsung dan bersamaan.
Mikroskop monokuler dengan display LCD
Mikroskop di atas adalah mikroskop sederhana (mikroskop siswa). Pencahayaan asli masih menggunakan cermin. Untuk keperluan ini mikroskop dilengkapi dengan pencahayaan lampu elektrik, sekaligus untuk mensuplay daya kamera.
Mikroskop Binokuler dengan display LCD
Mikroskop Trinokuler dengan display LCD
Mikroskop Monokuler
Mikroskop monokuler dengan display TV
Mikroskop monokuler terhubung dengan komputer PC
Mikroskop Binokuler

Mikroskop binokuler terhubung dengan komputer PC
Mikroskop Trinokuler
Mikroskop Trinokuler terhubung dengan komputer PC
Mikroskop trinokuler dilengkapi dengan kamera digital dan komputer PC
Pemakai
  1. Dosen, peneliti di Perguruan Tinggi (Kedokteran, Farmasi, Biologi, Kimia, Pertanian, Peternakan, Kebidanan, Akademi Kesehatan, dan lain-lain); Kamera mikroskop efektif digunakan dalam penelitian, perkuliahan , seminar, pelatihan secara individu maupun melibatkan banyak peserta.
  2. Dokter, Paramedis, Peneliti laboratorium/rumah sakit; pengamatan obyek mikroskopis lebih mudah, cepat, dan data hasil pengamatan dapat diproses lebih lanjut secara efisien.
  3. Guru SD, SLTP, SLTA; mempermudah siswa memahami kajian obyek mikroskopis, terutama pada praktikum/pengajaran Biologi dan Ilmu Pengetahuan Alam
Contoh Hasil Pengamatan
Beberapa contoh hasil pengamatan menggunakan kamera mikroskop adalah sebagai berikut :
Gambar Snapshot
.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »